Tentang sejarah komputer

Sejarah Komputer

 Adanya teknologi sangat membantu kehidupan manusia dalam melaksanakan berbagai pekerjaan mereka. Teknologi membuat manusia tidak merasa kesulitan, sehingga mereka akan dimudahkan dalam pekerjaan mereka masing-masing. Seperti saat ini misalnya sudah hadir komputer yang sudah tercipta sejak beberapa tahun lalu sehingga menciptakan sebuah sejarah komputer yang perlu diketahui.


Seperti pisau bermata dua, teknologi bisa menjadi berguna jika digunakan dengan benar. Sebaliknya jika digunakan untuk hal yang tidak benar maka teknologi menjadi tidak berguna. Orang-orang pintar pada masanya menciptakan berbagai penemuan yang sampai saat ini mengalami pengembangan terus menerus sehingga memunculkan teknologi baru.
Seperti misalnya penemuan sepeda yang pada zaman dahulu memiliki roda yang besar dan sekarang bisa Anda lihat perbedaannya. Perubahan tersebut dilakukan agar seseorang bisa merasakan manfaat dan kenyamanan dalam menggunakan teknologi tersebut. Begitu juga dengan komputer yang saat ini memiliki bentuk yang beragam.
Untuk itu sebagai manusia, kita harus mengetahui sejarah komputer dan perkembangannya yang tentu dapat membuka wawasan Anda mengenai komputer. Tetapi sebelumnya, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu definisi komputer dan fungsinya sehingga Anda tidak salah dalam menggunakan komputer. Berikut ini adalah definisi komputer dan fungsinya.
                                          DASAR KOMPUTER
Sistem komputer terdiri dari beberapa komponen yaitu :
-          Hardware (perangkat keras)
-          Software (perangkat lunak)
-          Brainware (pengguna)
Semua komponen tersebut saling mendukung antara satu dengan yang lain sehingga sistem komputer dapat beroperasi.
11)      Hardaware (Perangkat keras)
Input device adalah perangkat yang di gunakan untuk memasukkan data dan perintah kedalam komputer untuk di olah menjadi lebih lanjut, perangkay ini dapat berupa sinyalinput atau maintenaceSinyal input ini berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer sedangkan maintenanceberupa program yang digunakan untuk mengolah data yang di masukkan.
Beberapa komponen perangkat keras antara lain :

1.1   Keyboard : merupakan unit masukan yang paling penting untuk mengetik, memasukkan perintah atau data yang akan di olah. Ada beberapa jenis keyboar salah satunya keyboard variasi yaitu keyboard yang tombolnya berjumlah 88, 101, 102, 104, dan 109.
          Pada tombol keyboard di kelompokkan menjadi 4 bagian yaitu :                                                                    Typewrinterkey,Numeric key, Function key, dan Special function key.
a.       Typewrinter key : merupakan tombol utama dalam input terdiri atas alfabet dan tombol lainnya.
- Back space: untuk menghapus satu karakter di kiri kursor
- Insert : untuk menyisipkan gambar
-  Delete : untuk menghapus satu karakter di posisis kursor
-  End : untuk berada di akhir kalimat
- caps lock : untuk mengatur besar kecil nya abjad
-  pg up : untuk melihat halaman atas dokumen
-  Pg dn :untuk melihat halaman bawah dokumen
b.  Numeric key : bila tombol lock numb aktif maka berfungsi untuk mengetikan angka, sedangkan bila mati berfungsi ssebagai arrow key.
c. Fungtion key : tombol ini terdiri dari f1 sampai f12 fungsi masing-masing tombol ini tergantung masing-masing program komputer yang digunakan.
d. Special fungtion key : mempunyai fungsi bila di tekan bersamaan dengan tombol lainnya, misalkan : tombol Shift + arrow key untuk menggerser kursor dengan menekan tombol Ctrl + Arrow key
Jenis atau tipe : PS 2 dan USB
1.2   Mouse : perangkat yang di gunakan untuk mengontrol apliaksi terutama aplikasi yang berbasis GUI (Graphical User Interface)
Jenis : tipe : PS 2 , USB , Serial , Wirelles.
1.3   Scaner : berfungsi untuk memindah gambar, tulisan / objek benda kedalam format digital sehingga dapat di olah oleh komputer.
22)      Proces (proces device)
 Peralatan proces adalah alat yang di gunakan untuk melakukan peralatan pemrosesan data. Yang termasuk peralatan pemrosesan adalah CPU (Central Processing Unit), ROM (Random Only Memory), dan RAM (Random Acess Memory).




1.1   CPU (Ceentral Processing Unit) :  merupakan pusat pengolahan dan pengontrol segala pemrosessan data.
Jenis : pentium, intel, AMD, dual core, core to duo, core i3, core i4, core i7, dan yang terbaru core i7 extrem.

1.2   RAM (Random Acess Memory) : merupakan memory yang bersifat sementara yang mana bila komputer mati maka program / data aka hilang.
Jenis : EDORAM, SDRAM, DDRAM
1.3    ROM (Ramdom Only Memory) : merupakan memory yang bersifat permanen yang dapat di baca tetapi tidak dapat di perbarui, berfungsi untuk menyimpan program operasi komputer seperti Biosdan program Boothing.

33)      Perangkat keluaran (output device)
Perangkat keluaran yang digunakan untuk menyajikan informasi yang dibutuhkan baik dalam bentuk visual, audio, dan cetak.
3.1  Monitor :  di tancapkan di VGA port onboard / VGA card, monitor merupakan sarana   untuk menampilkan informasi yang telah diolah oleh processor.
        Monitor memiliki resolusi 256 colour sedangkan berdasarkan ukuran kecepatan tambahan tembakan elektron dan  besarnya (refresh rate) datap diatur melalui sistem operasi 60 Hz, 70 Hz, dsb.
3.2  LCD projector : berfungsi untuk menampilkan gambar (visual) hasil pemrosesan data, LCD  memerlukan objek lain sebagai penerima pemancaran sinyal-sinyal gambar tersebet yang pada umumnya berupa dinding putih atau white board.
3.3  Printer : digunakan untuk mencetak dokumen yang berbentuk teks dan gambar dari format elektronik (soft copy) ke dalam bentuk nyata (hard copy), satuan kecepatan printer dalam menyetak dinyatakan dalam karakter per detik CPS (character persecond), karakter per menit LMP (line perminutes), karakter per halaman PPM (pages perminutes).
         Jenis :
 Dot matrix (printer yang menggunakan pita), 
Ink jet (printer yang menggunakan tinta)

laser jet (printer yang menggunakan serbuk) 

3.4 Speaker : di gunakan untuk mendengarkan opening sound ketika komputer sedang membaca sistem operas. juga di gunakan untuk mendengarkan film, lagu, percakapan, dll.
44)      Storage (perangkat penyimpanan)
Perlatan penyimpanan (backing storage) berfungsi sebagai media penyimpanan data, informasi, intruksi maupun program. Peralatan ini mempunyai kapasitas daya tampung.
1 byte : 8 bit (sama dengan satu karakter)
1 Kilobyte (KB) : 1024 byte
1 Megabyte(MB) : 1024 KB
1 Gigabyte (GB) : 1024 MB

4.1  Disket (flopy disk) : merupakan media penyimpanan umum yang digunakan sebelum adanya harddisk maupun flashdisk, ada 2 jenis disket yaitu : Double Density (DD) untuk ukuran 5,25” berkapasitas 360 KB,Sedangkan ukuran 3,5” berkappasitas 720 KB dan High Density (HD) untuk ukuran 5,25” berkapasitas 1,2 MB, sedangkan ukuran 3,5 “ berkapasitas 1,44 MB.
4.1   Harddisk : digunakan sebagai penyimpanan data juga sebagai boot device utama, kapasitas mulai 10,20,40,80, sampai 200 GB. Kecepatan harddisk dihitung dalam satuan RPM(Ratation Per Minute).
Jenis : SATA, ATA dan SCASI
4.2 CD / DVD : compact disk (CD) dan digital vertatile disk (DVD) penyimpanan data yang berbahan dasar film metalik dilapisi polikarbonat yangs ensitif terhadap sinar laser.  Perangkat untuk membaca dan menulis.
  
4.3 Flashdisk dan memory card : perangkat penyimpanan lain yang dapat di bawa kemana
      mana karena bentuknya yang kecil






55)      Perangkat tambahan (pheripheral device)
Perangkat tamabahan yang berfungsi untuk mengoptimalkan fungsi komputer.
5.1 Sound card : digunakan untuk mengolah suara baik sebagai masukan(input) ataupun keluaran (output), di pasang pada slot PCI
5.2 VGA card :digunakan untuk menghubungkan motherboard dengan monitor, lcd projector, TV, dsb. Memiliki memory 1,2,4,8,16,64,128,256, bahkan sampai 512 MB.
        Jenis : AGP, PCI, PCI express.
5.3 TV turner card : merupakan perangkat untuk menampilkan siaran dari stasiun televisi jenis tv turner, tv turner internal, digital tv pc box, dan tv turner USB.
5.4 Perangkat jaringan network / NIC card (kartu jaringan): merupakan perangkat yang digunakan agar komputer dapat terhubung dengan komputer lain.
SOFTWARE
OS adalah software yang pertama kali harus di instal ke komputer. Sedangkan fungsi dari OS, yaitu mengelola hardware dan sofware yang ada pada komputer.
OS ini juga akan berfungsi sebagai perantara antara aplikasi dengan hardware. Jadi ketika kita memberikan perintah dari sebuah aplikasi kepada hardware, perintah tersebut akan disampaikan ke OS terlebih dahulu, baru kemudian oleh OS disampaikan ke hardware. Misalnya, kita memberikan perintah print dari aplikasi Microsoft Word. Perintah tersebut akan disampaikan ke OS dahulu, baru kemudian oleh OS disampaikan ke Printer.
Contoh OS antara lain; DOS, Windows, Macintosh, Linux dll. Setiap masing-masing OS mempunyai kelebihan dan kekurangan, namun saat ini OS Windows masih paling banyak digunakan oleh masyarakat karena kemudahan dalam mengoperasikan dan perawatan.

Software ini dibuat untuk tujuan tertentu. Maksud lain penciptaan software ini adalah untuk mempermudah pekerjaan manusia. Sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi yang membantu pekerjaan manusia.
Aplikasi dapat dibagi menjadi beberapa macam berdasarkan fungsinya, al :
1. Pengolah kata
Aplikasi ini digunakan untuk membuat dokumen seperti surat, amplop, label, makalah dan sebagainya. Contoh aplikasi ini antara lain; Microsoft Word, Open Office Org. Writer dsb.
2. Pengolah angka
Aplikasi ini digunakan untuk mengolah angka dalam bentuk tabel dan grafik. Contoh aplikasi ini antara lain; Microsoft Excel, Open Office Org. Calc, Lotus dsb.
3. Pengolah presentasi
Aplikasi ini digunakan untuk membuat presentasi. Contoh aplikasi ini antara lain; Microsoft Power Point, Open Office Org. Impress, Macromedia Flash MX dsb.
4. Pengolah gambar
Aplikasi ini digunakan untuk mengolah gambar dan foto. Contoh aplikasi ini antara lain; Corel Draw, Adobe Potoshop dsb.
Dalam aplikasi ada istilah Paket Program. Istilah ini digunakan untuk menyebutkan sebuah aplikasi yang terdiri dari beberapa aplikasi. Contohnya; Microsoft Office yang terdiri dari Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, Microsoft Access dsb.
Perlu diketahui juga bahwa sebuah aplikasi biasanya hanya ditujukan untuk OS tertentu atau hanya mendukung OS tertentu. Contohnya; Microsoft Office yang hanya bisa di-instal di OS Windows. Tetapi ada juga aplikasi yang bisa di-instal di beberapa OS seperti aplikasi Mozilla Firefox yang bisa di-instal di Windows maupun Linux.

Software ini digunakan untuk membuat aplikasi. Pengguna aplikasi ini biasa disebut dengan Programer. Jenis-jenis bahasa pemograman antara lain; Bahasa Assembly, Bahasa Fortran dan Bahasa Generasi Keempat. Bahasa pemograman yang digunakan saat ini adalah bahasa tingkat tinggi atau bahasa generasi ke empat. Bahasa jenis ini lebih mudah dipahami, karena menggunakan bahasa manusia seperti bahasa inggis.

Sebaiknya, jangan hanya diimpikan. Kalian bisa kok “membangun” sebuah perangkat komputer gaming secara perlahan-lahan, seiring dengan bertambahnya daya beli kalian.
Untuk “membangun” seperangkat komputer gaming yang keren, ada beberapa komponen yang perlu disiapkan. Harga komponen tersebut tentu bervariasi, tentunya. Mau tahu apa saja itu? Yuk, kita cek satu per satu.
1. Central Processing Unit (CPU) dan Motherboard
Dua hal ini adalah komponen utama sebuah komputer, tak hanya komputer gaming. Keduanya tak bisa dipisahkan. CPU harus kompatibel dengan rangkaian motherboard-nya.
Untuk sebuah PC gaming, kamu membutuhkan CPU dan motheboard dengan performa yang mumpuni. Untuk motherboard, kamu bisa melirik merek MSI seri H110M. Lumayan menguras kantong sih, tapi cukuplah untuk memenuhi ambisi bermain game dengan lancar.
Semakin modern CPU, semakin tinggi kinerjanya. Saat ini, standar prosesor CPU untuk sebuah PC gaming yang keren adalah Intel Core i5 6600. Kemampuan Intel i5 diyakini akan mampu bersaing hingga beberapa tahun ke depan. Agar kompatibel dengan motherboard-nya, pasangkan prosesor ini dengan soket LGA standar 1151.
2. Random Access Memory (RAM)
Kemampuan motherboard dan CPU yang keren takkan optimal jika tidak didukung oleh RAM yang punya kemampuan memori tinggi. Untuk prosesor sekelas i5 dengan motherboard H110M, RAM DDR4 pas disandingkan.
Berapa kapasitasnya? Jangan tanggung-tanggung, bro. Gunakan kapasitas minimal RAM sebesar 16GB, lebih besar lebih baik. Mereknya ada banyak pilihan. Idealnya, kamu menggunakan dua batang RAM masing-masing 8GB.
3. CPU Cooler
Jangan sepelekan peranti ini ya. Meski hanya sebagai pendukung, tapi kipas pendukung sangat mendukung performa CPU dan motherboard kamu. Kerja motherboard dan CPU sangat keras sehingga menimbulkan panas.
Tanpa pendingin, kemungkinan besar komponen tersebut akan overheat dan mati seketika. Itulah alasan mengapa produk laptop gaming kelas atas, seperti ASUS ROG, menyertakan kipas berukuran besar untuk menjaga performa komputer. Sebagai referensi, CoolerMaster Hyper 212 Evo termasuk salah satu pilihan CPU Cooler yang cukup terkenal.
4. Kartu Grafis (VGA card)
Buat gaming, video editing, dan desain grafis, peranti ini takkan boleh dilupakan. Kartu grafis bertugas mengimplementasikan script grafis ke dalam monitor komputer. Semakin canggih kartu grafis yang
dimiliki sebuah komputer, semakin detil, halus, dan cepat resolusi grafis yang ditayangkan. Dalam membangun sebuah komputer gaming, komponen inilah yang paling mahal.
Sebuah kartu grafis berkualitas tinggi dapat memainkan grafis beresolusi tinggi, semisal 1080p, dan dapat tetap digunakan untuk beberapa tahun ke depan.
Salah satu merek kartu grafis yang oke punya adalah Nvidia. Tipenya ada banyak, tapi yang kerap direkomendasikan untuk sebuah PC gaming berkelas adalah tipe GTX 1070 ata GTCX 1080.
5. Solid State Drive (SSD)
Untuk memainkan game, gunakan memori internal komputer yang mempunyai kecepatan transfer data yang cukup. Hard drive biasa memang masih kompatibel, tapi lebih baik menggunakan SSD dengan kapasitas sekitar 500GB.
6. Power Supply
Untuk memberi daya pada semua komponen yang ada dalam komputer, kalian tentu membutuhkan power supply dalam komputer.
Syarat power supply yang baik adalah yang dapat menyalurkan arus secara stabil.
7. Kotak Casing
Setelah semua komponen telah tersedia, siapkan kotak atau casing komputer. Gunakan casing yang mempunyai sistem ventilasi yang baik.
Beberapa gamer memilih menggunakan casingdengan lampu LED yang menarik. Itu opsional, sesuaikan dengan selera kamu.
8. Sistem Operasi (OS)
Setelah semua peranti keras komputer gaming terangkai, yang kamu butuhkan adalah sistem operasi yang dapat menjalankan program game kamu dengan lancar. Dianjurkan, kamu menggunakan Windows 8 ke atas. Windows 10 kerap direkomendasikan. Jangan lupa, pakai yang asli ya. Jangan yang bajakan.
thundervox hx29. Koneksi Internet
Untuk memainkan game online, kamu tentunya membutuhkan koneksi internet. Kamu bisa menggunakan sistem LAN serat optik atau menggunakan jaringan Wifi dari modem.
Untuk jaringan WiFi, kamu bisa mencolokkan modem dengan menggunakan kabel data atau dengan menggunakan WiFi Card.

10. Peralatan Gaming
Setelah semua siap, kamu bisa mulai memainkan game di komputer kamu. Eits, tunggu dulu. Bagaimana caranya bermain game tanpa menggunakan peralatan game?
Produk gaming Rexus pas disandingkan dengan komputer gamingkeren kamu. Gaming mousekeyboard, dan headset Rexus dapat membuat “proyek pembangunan” komputer gaming kamu jadi makin sempurna.

INSTALASI OS
WINDOWS
Pengertian Sistem Operasi Windows adalah Sistem Operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang menggunakan antarmuka dengan berbasikan GUI (Graphical User Interface) atau tampilan antarmuka bergrafis.pada umum nya system oeprasi ini banyak sekali di gunakan oleh masyarakat, dari kalangan menengah ke atas hingga ke bawah. Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 
1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985 yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar.
Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama. Beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan

LINUX
Linux adalah software sistem operasi open source yang gratis untuk disebarluaskan di bawah lisensi GNU. Linux merupakan turunan dari unix dan dapat bekerja pada berbagai macam perangkat keras koputer mulai dari inter x86 sampai dengan RISC.
Dengan lisensi GNU (Gnu Not Unix) Anda dapat memperoleh program, lengkap dengan kode sumbernya (source code). Tidak hanya itu, Anda diberikan hak untuk mengkopi sebanyak Anda mau, atau bahkan mengubah kode sumbernya.Dan itu semua legal dibawah lisensi. Meskipun gratis, lisensi GNU memperbolehkan pihak yang ingin menarik biaya untuk penggandaan maupun pengiriman program.
Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan menjadi perangkat lunak sistem operasi yang bebas. Secara singkat dan jelasnya yaitu Ubuntu adalah sejenis sistem operasi yang berbasiskan Linux Debian.
INSTALLASI APLIKASI
Office
Ms-Offiice merupakan paket software yang dibuat oleh Microsoft, yang termasuk dalam paket software ini antara lain : Ms-Word (Word Processing), Ms-Excel (Spreed Sheet), Ms-Power Point (Presentasi), Ms-Access (Database).
Pertama yang perlu dipahami adalah bahwa software ini hanya dapat diinstalasi dan berjalan pada system operasi Microsoft Windows.
Untuk menginstal microsoft Office dapat dilakukan dengan menjalankan CD software microsoft office melalui CD-ROM, ataupun dari master program yang terdapat pada Hardisk apabila anda menyimpannya.
Adapun langkah-langkah instalasinya adalah sebagai berikut :
  1. Siapkan Paket instalasi software yang legal dalam media penyimpanan yang sesuai seperti HD, CD, FDD, DVD atau media lain.
  2. Jalankan system operasi Windows dan pastikan bahwa system operasi tersebut telah berjalan dengan baik.
  3. Pastikan bahwa ruang (spaces) HD masih mencukupi.
  4. Apabila paket software tersedia dalam media CD, maka masukkan CD intaller tersebut kedalam CD-Room.
  5. Ikuti proses instalasi sesuai dengan Petunjuk instalasi (Instalation user manual).
Antivirus
1. Buka file antivirus smadav yang telah Anda download, kemudian klik dua kali file tersebut untuk membuka dan menjalankannya.

2. Akan muncul tampilah SELECT SETUP LANGUAGE. 

cara menginstal antivirus smadav terbaru

Tampilan ini adalah pemilihan bahasa sesuai keinginan Anda. Ada dua bahasa yang bisa Anda gunakan, yaitu inggris dan bahasa Indonesia. Jadi, saran saya pilih saja bahasa Indonesia agar mudah Anda mengerti. Setelah itu langsung saja klik OK.

3.Tahap ketiga sudah masuk pada INSTALASI SMADAV. Dan kali ini Anda berada pada tampilan selamat datang di Instalasi ANda. Jangan buang-buang waktu, langsung saja klik tombol LANJUT.


4. Anda berada pada tampilan PERJANJIAN PERSETUJUAN. Pada tahap ini, biarkan saja centang berada pada bagian SAYA SETUJU. Dan setelah itu, klik tombol LANJUT untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.


5. Cara instal smadav yang kelima, Anda berada pada tampilan PILIH PERINTAH TAMBAHAN. Biarkan saja centang pada BUAT SEBUAH IKON DI DESKTOP, agar ikon atau shortcut smadav muncul di desktop. Setelah itu klik saja tombol LANJUT.


6.Sekarang Anda berada pada tampilan SIAP UNTUK MEMASANG. Nah, langsung saja deh klik tombol PASANG.


7. Setelah tombol pasang tadi Anda klik, akan muncul tampilan loading seperti gambar di bawah ini. Tunggu saja ya..

ANTIVIRUS SMADAV

8. Saat ini, Anda berada pada tahap MENGAKHIRI PEMASANGAN SMADAV. Itu artinya, ini adalah langkah terakhir penginstalan smadav bagi Anda.


Corel/Potoshop
cara menginstal CorelDraw dengan menggunakan keygen, hal ini berfungsi untuk mendapatkan serial number sekaligus aktivasi program CorelDraw. Sebagai contoh di sini akan menggunakan instalasi CorelDraw X6, namun jika Anda ingin menginstal X4 atau X5, Anda bisa melakukan dengan langkah yang sama. Berikut cara menginstal CorelDraw:
  • Sebelum menjalankan instalasi, download terlebih dulu CorelDraw X6. Anda bisa mendapatkannya di sini.
  • Download juga keygen di sini.
  • Setelah itu, jalankan aplikasi CorelDraw X6 dengan ekstensi exe (CorelDRAWGraphicsSuiteX6Installer_EN32Bit.exe).
  • Berikan tanda centang pada "I accept the terms in the license agreement"
  • Klik Next.
  • Kemudian isi "user name" dengan nama yang Anda inginkan.
  • Klik "I have a serial number"
  • Buka keygen dan masukkan serial number dengan cara meng-copynya kemudian paste ke "serial number CorelDraw".
  • Jangan meng-close keygen terlebih dulu.
  • Klik Next.
  • Tunggu hingga proses instalasi selesai.
Adapun cara untuk aktivasi program CorelDraw yaitu:
  • Jalankan program CorelDraw yang sudah di instal.
  • Klik "Other activation options" yang terletak di pojok sebelah kiri.
  • Klik "Phone Corel".
  • Kembali pada aplikasi keygen kemudian masukkan instalasi kode pada keygen.
  • Setelah itu klik "Activation".
  • Masukkan instalasi kode pada Activation kode.
  • Klik "Continue".
  • Klik "Close".
  • Proses aktivasi selesai.

Comments

Popular posts from this blog

materi simkomdig semester 1&2